Download Pedoman Berekspresi Online

Posted Posted by kalamkata in featured, kalamkata     Comments 23 comments
Feb
20

“Setiap orang berhak untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi untuk mengembangkan pribadi dan lingkungan sosialnya, serta berhak untuk mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi dengan menggunakan segala jenis saluran yang tersedia.” (Pasal 28F, UUD 1945 Indonesia, Amandemen ke-2)

10 Taktik, Ubah Informasi Menjadi Aksi « Aktivisme Informasi « Downloads

AttributeValue
VersionBahasa Indonesia / informationactivism.org
Date postedApril 1, 2012
Downloaded2410 times
CategoriesAktivisme Informasi, Rekomendasi / Baru

Description

“10 Taktik” adalah materi edukasi yang diluncurkan oleh Tactical Technology Collective ( http://tacticaltech.org) pada Desember 2009. Sejak saat itu ratusan pegiat hak asasi manusia dari seluruh dunia telah menggunakan materi ini untuk memberikan lokakarya tentang strategi mengubah informasi menjadi aksi nyata.

“10 Taktik” memberikan pemahaman tentang strategi mencari, mengolah dan menyajikan informasi guna mendapatkan perhatian dan dukungan publik. Setiap taktik dari buku ini telah dilengkapi oleh sebuah video dokumenter 5 menit yang relevan dan kontekstual.

Sehingga total ada sekitar 50 menit rangkaian video tersebut yang telah dibubuhi teks terjemahan dalam 25 bahasa, termasuk bahasa Indonesia.

Video dapat diakses di http://www.youtube.com/watch?v=tKqDJySN5No

“10 Taktik” meggunakan sudut pandang dari 35 studi kasus information activism di 24 negara yang berbeda termasuk Indonesia, Lebanon, India, Tunisia, Mesir, Afrika Selatan dan Inggris. Isi buku ini juga merupakan ramuan kisah sukses tak kurang dari 130 pegiat hak asasi manusia dan teknologi informasi yang berbagi keahlian, pengalaman dan pengetahuan kepada masyarakat luas di sejumlah negara.

Atas seijin dari Tactical Technology Collective, maka materi edukasi dengan versi awal berjudul “10 Tactics: Turning Information into Action” (berbahasa Inggris) tersebut kini telah dialih-bahasakan ke dalam bahasa Indonesia.

Menggunakan lisensi Creative Commons, sebagaimana versi awalnya, maka buku ini bebas digandakan, didistribusikan, dikutip sebagian ataupun keseluruhan dan digunakan seluas-luasnya dengan syarat sepanjang tidak untuk kepentingan komersial serta harus tetap menyebutkan sumbernya. Adapun hasil karya turunan yang mengutip sebagian ataupun keseluruhan isi buku ini juga harus berlisensi Creative Commons.

Pastinya, materi di dalam buku ini mudah dipahami, cocok untuk pelatihan, dan dapat langsung dipraktekkan khususnya bagi para aktifis informasi, pewartawarga dan blogger se-Indonesia. Teruslah berbagi informasi dan pengetahuan!

Jika ada broken link atau materi di atas ada yang tidak bisa didownload, silakan email support[at]kalamkata.com atau support[at]ictwatch.com.

23 Comments to “Download Pedoman Berekspresi Online”